Pring Petuk / Bambu Buta

Anda mungkin sudah sering mendengar barang ini, namanya Pring Petuk atau bambu buta.

Pring Petuk adalah bambu yang ketemu antara tunas dan tunas ( saling berhadapan ), berlubang seperti halnya bambu cuma ada keanehannya yaitu tunasnyanya saling berhadapan, biasanya tunas bambu arahnya keatas, tetapi ini keatas dan kebawah saling berhadapan .

Bambu buta, sama seperti halnya pring petuk tetapi bamboo ini tidak berlubang / rapat, biasanya kalau kita potong bambu pasti ada lubang  didalam bambu itu, tetapi ini rapat, juga ada tunas saling berhadap-hadapan.

Bambu ini sangat alami dan sangat langka , dan mahal harganya katanya…bisa mencapai ratusan juta rupiah.,dengan criteria atau dilihat secara fisik yang saya tau sebagai berikut :

1. Barang tersebut benar-benar alami, tidak cangkokkan, karena banyak yang palsu untuk tesnya dimasak dengan air mendidih atau kita oleskan NEOREVER(soda api) ke sambungan bambu tsb yang fungsinya bamboo tersebut benar alami atau buatan, kalau alami tidak lepas antara sambungan tetapi kalau palsu pasti akan lepas sambungan itu karena pakai lem, artinya bamboo itu buatan manusia alias palsu.

2. Minimum diameternya 15mm, semakin besar semakin bagus karena factor berat berpengaruh dengan harga jual.

3. Jarak antara tunas ketemu tunas yang berhadapan minimum 35 mm(pingul ke pinggul )tidak ada kecacatan fisik .

4. Urutannya pinggul(garis ros bamboo),pelepah bamboo yang ada rambutnya(alis), alis, pinggul. Biasanya normalnya bamboo urutan dari bawah pinggul,alis pinggul alis. Dan usahakan pelepah/kulit asli dan bulu dibambu jangan dikerok/dibuang biar terlihat alami.

Kalo tes yang lain ada beberapa macam, katanya… kalo dimasak dgn air dan sudah lama airnya tidak bisa mendidih dan ditaruh di air sungai yang mengalir bamboo tersebut tetap tenang tidak ikut hanyut oleh arus air, tetapi hal ini saya belum tau pasti…….

Jadi kalo anda mempunyai bambu dengan ciri2 fisik diatas termasuk yang beruntung..jangan sampai dikerok alisnya biar alami apa adanya…….

Bambu seperti ini pernah kami dapat dari narik, tetapi tidak masuk dalam salah satu kriteria diatas, kalo fungsinya katanya……. Bisa untuk anti cukur , tahan panas api, juga bisa mendatangkan penglaris/usaha dan bisa mendatangkan atau mengundang burung walet …

65 Responses

  1. Saya punya bambu panjang kurang lebih 10 cm cabang bawah menghadap ke atas 3, cabang atas menghadap bawah 2 .Hub email lemm_castol@yahoo.co.id kalau minat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: