Racikan obat untuk penyakit DOSA

Sadarkah kita, ketika kita berbuat dosa atau maksiat maka akan tertanam dalam hati kita sebuah noktah hitam.jika noktah ini ini tidak pernah dibersihkan maka lama kelamaan hati kita akan menjadi hitam kelam.

Ibarat sebuah sampah yang menumpuk jika tidak dibersihkan  maka akan menimbulkan bibit-bibit penyakit.Perbutan dosa dan maksiat yang dilakukan akan menimbulkan penyakit dalam hati kita.ketidak tenangan ,kegelisahan hidup.kegelisahan antara dirinya dengan Rabb-Nya.hidup terasa sempit walau bergelimpangan harta yang  mewah.Hidup terasa sesak padahal hamparan bumi ini sangat luas.

Ketika kepala kita sakit atau gigi terasa nyeri kita mungkin sangat pandai dan cerdas menemukan obat untuk penyakit itu.tapi apakah kita pandai dan mengerti  ketika hati kita sakit akibat dosa dan kesalahan kita?.Ironinya,banyak sekali diantara kita mungkin tidak mengetahui apakah hati kita dalam keadaan sakit atau tidak.padahal dampak penyakit akibat dari dosa-dosa kita itu jauh lebih berbahaya daripada sekedar penyakit fisik.

Kisah berikut mudah-mudahan membawa ada manfaat bagi kita,bahwa sesungguhnya penyakit hati akibat dosa-dosa kita harus segera diobati.mudah-mudahan kita pun mengetahui apakah hati kita dalam keadaan sakit atau tidak?jika dalam keadaan sakit,kita pun tau apa racikan obat untuk penyakit itu.kemudian segera mengobatinya.

Seorang arab Badui berdiri di hadapan rumah tabib terkenal.nampak sekali ada beban di hatinya.Sorot matanya sayu.Satu persatu orang yang datang berobat diamati.Ketika tiba gilirannya,ia segera masuk ketempat berobat.

“Semoga Allah merahmatimu,adakah engkau punya obat untuk penyakit dosa-dosaku?”

Tabib itu diam.Sejenak kemudian kepalanya menunduk pandangan matanya  terbentur lantai tanah.tidak ada jawaban.Dicobanya memeras fikiran.

Tak lama kemudian,tabib itu menjawab,”Ambilah jerih payah kefakiran,ruh kesabaran,dan campurlah dengan kelembutan fikiran,tambahkan secukupnya rasa tawadhu dan khusyu,lalu tumbuklah adonan itu di lesung taubat dan khudu’.Basahilah dengan air mata takut.Setelah itu,letakkanlah di tempayan rendah diri kepada Allah.Nyalakanlah di bawahnya api tawakal,aduklah dengan istigfar,sampai tampak tanda-tanda taufik dan ketenangan.Bila sudah cukup pindahkan ke nampan mahabbah,dinginkan dengan mawaddah,tambahkan kekuatan iman dan rasa takut kepada yang Maha Rahman.

Berobatlah dengan obat itu setiap hari.Dan,selama minum obat itu,jauhakan olehmu segala bentuk dosa.Pakailah pakaian malu,teguhkan hatimu untuk jujur dan setia,dan jangan masukm ke rumah kecuali melalui pintu taubat.Jika engkau terus melakukan pengobatan seperti itu,hatimu akan menjadi jernih diantara hati manusia yang ada.Dan,rasa sakit yang ditimbulkan oleh dosa-dosa itu insya Allah akan sirna.

Ibrah dari kisah tersebut:

  1. Hendaknya kita selalu men cek up kondisi hati kita,apakah ada penyakit akibat dosa-dosa yang telah kita lakukan.jika penyakit pisik kita datang ke dokter,maka untuk penyakit ini datanglah kepada orang-orang shalih,mintalah nasihatnya.
  2. Jika penyakit itu datang maka segera obati,jangan ditunda-tunda,penyakit yang di tunda akan menyebabakan penyakit menjadi kronis.hati yang sakit bisa berubah menjadi hati yang mati.sehingga hati kita akan menjadi keras membatu,yang jauh dari cahaya hidayah Allah.
  3. Ketahuilah obatnya itu akan membantu kita untuk penyembuhan.artinya kita harus mengetahui ilmunya.karena ilmu bisa mendekatkan diri kita kepada hidayah Allah.

Semoga racikan obat penyakit dosa dalam kisah tersebut  bermanfaat untuk kita.

One Response

  1. ada obat anti dosa ga ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: